Masalah Kependudukan, individu, keluarga, dan masyarakat

Nama   : BURHANUDIN NUBAN
KELAS : 1KA20
NPM     : 11116499


Hasil gambar untuk pertumbuhan dan perkembanganpenduduk
1.    Masalah Kependudukan
Masalah Kependudukan merupakan masalah yang terjadi pada suatu negara atau wilayah yang kerap kali menyulitkan pemerintah untuk mengatasi dan mencegah masalah ini timbul kembali, masalah kependudukan biasanya diakibatkan dari :
-          Jumlah penduduk yang terlalu padat atau lebih banyak dari yang dapat di manage oleh suatu negara atau wilayah tertentu biasanya mengakibatkan banyaknya persaingan di dunia kerja dan bertambahnya pengangguran serta kemiskinan.
-          Jumlah penduduk yang semakin padat juga mengakibatkan kemacetan di kota kota besar menjadi semakin macet.
-          Jumlah penduduk yang semakin padat juga membutuhkan tempat tinggal yang lebih banyak akibatnya lahan terbuka hijau semakin berkurang seiring dengan berjalannya waktu.
-          Dampak lain dari padatnya jumlah penduduk yaitu rendahnya tingkat kesehatan masyarakat, rendahnya tingkat pendidikan masyarakat akibat kurangnya ekonomi.

2.    Masalah individu, keluarga, dan masyarakat
a.    Masalah individu
Jika bicara dengan masalah individu biasanya masalah ini terjadi pada perseorangan atau masalah pribadi, masalah individu bisa juga terjadi akibat dari masalah kependudukan karena bertambahnya penduduk juga berpengaruh pada perseorangan apalagi zaman modern ini semakin tinggi teknologi semakin tinggi pula skill dan kemampuan yang kita butuhkan agar dapat bersaing dengan orang lain, akibatnya banyak kriminal terjadi dikalangan masyarakat seperti pencurian, penipuan dll.
b.    Masalah keluarga
Masalah keluarga merupakan masalah masalah yang terjadi pada lingkungan keluarga, Masalah keluarga biasanya terjadi karena keluarga yang kurang harmonis atau ekonomi yang rendah, akibatnya banyak anak dari keluarga yang miskin putus sekolah, menjadi gelandangan dll. Masalah keluarga inilah yang bisa dikatakan bisa menjadi sumber ke masalah lainnya seperti masalah individu dan masyarakat.
c.    Masalah masyarakat
Masalah masyarakat merupakan masalah yang terjadi pada lingkungan masyarakat, masalah masyarakat dapat dikatan masalah yang bersumber dari keluarga dan individu, tetapi masalah masyarakat belakangan ini  yang sering terjadi yaitu akibat pergaulan bebas, teknologi yang semakin canggih, dan kerukuran antar masyarakat yang kurang baik. Akibatnya banyak terjadi, Pemerkosaan, penganiayaan, pencurian, perang antar kampung dll.
3.    Masalah Hubungan Warga Negara dan Negara
Warga Negara merupakan seorang atau kelompok yang menetap di suatu wilayah yang memiliki hubungan dengan negara. Dalam hubungannya warga Negara mempunyai kewajiban-kewajiban terhadap Negara dan sebaliknya, warga negara juga mempunyai  hak-hak yang harus dilindungi oleh Negara.
Kasus kasus yang terjadi contohnya, kasus tanjung priok, kasus bom bali, kasus semanggi, dll.



Share this

Related Posts

First